Cara Paling Mudah Menanam Cabe Agar Cepat Berbuah

Cara Paling Mudah Menanam Cabe Agar Cepat Berbuah
Untuk kalian yang biasa dengan memakan makan yang pedas mulai dari makanana hinga cemilan atau jajanan pedas pasti tau dengan jenis tanaman ini karena biasa di gunakan sebgai bumbu masakan maupun jajanan pedas. Yaitu cabe, cabe sangat terkenal di kalan semua masarakat karena cabe merupakan sebagain dari setiap bumbu masakan.

Di negeri indonesia kita ini ada beberapa jenis cabe yang dapat kita jumpai di pasar sperti cabe rawit, cabe kriting, cabe merag, cabe hijau, hingga beberapa cabe impor sperti cabe jalapeno yang terkenal pedas nya dengan ukuran besar. Sperti yang telah di katahui oleh semua masarakat bahwa harga cili semakin hari semakin meningkat.

Karena ini tentunya banyak nya konsumen yang membutuhkan cabe dan banyak yang memakan makanan pedas. Selain rasanya yang pedas ternyata cabe memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh manusia. Ini pastinya tidak hanya melengkapi kadar nutrisi dalam tubuh saja tetapi kandungan nutrisi pada cabe juga memiliki banyak manfaat yang lainnya. Untuk kalian yang inggin tau kandungan nutrisi cabe berikut ini rinciannya :

Baca juga : Cara Tanam Dengan Media Hidroponik

Kandungan Nutrisi Cabe

Kalori natrium karbohidratse vitamin A, B6, B13, C, dan D
Dengan banyaknya nutrisi yang ada pada cabe maka semakin bayak pengemar yang memakan dengan makan pedas membuat maraknya bisnis yang membuat jajanan pedas. Maka ini tetunya juga sangat menguntungkan para Petani cabe. Bagi kalian yang inggin mencoba menanam cabe yaitu sebagai berikut :

Cara Menanam Cabe Agar Cepat Berbuah

Bagai kalian yang inggin menanam cabe sendiri, adapun sebuah cara praktis dan cara yang sedergana agar tanaman cabe kalian bisa cepat berbuah dan bisa cepat panen. Maka dari itu akan kami bahas cara mengenai menanam cabe yang bisa cepat berbuah.

Benih Cabe

Langkah pertama yang harus kalian perhatikan untuk cara menanam cabe agar berbuah yaitu dengan memilih banih cabe yang berkualitas baik. Untuk mendapatkan benih ada beberap cara yaitu dengan kalin membeli benih cabe di toko pertanian atau kalian beli langsung dari petani cabe atau dengan kalian bisa mendapatkan benih cabe langsung dari buahnya.

Penyemaian benih

Kalo kalian sudah mendapatkan benih cabe yang berkualitas baik maka sekarang untuk memulai melakukan penyemaian terlebih dahulu untuk mendapatkan bibit cabe yang berkualitas pula. Agar bibit cabe kalian bisa cepat bertuna dengan sehat maka mengunakan media semai berupa tanah yang telah di campur dengan sekam dan pupuk kandang. Adapun  perbandingannya yaitu 2: 1: 1. Taburkan benih di atas media tanah kemudian tutup tipis dengan tanah dengan campuran tanah dengan benar- benar tertutup, taroh di ruanggan yang tidak terlalu panas kemudia tutup permukaan semai dengan kain yang gelap, biyarkan semai benih selama 1 minggu tunas benih akan mulai muncul dan tunggu hingga tunas mencapai ketinggian sekitar 4 hingga 9 cm untuk bisa di pindah kan di tempat media tanam.

Tempat Tanam Cabe

Berikut ini adalah media tanam cabe. agar cabe yang akan di tanam bisa cepat berbuah secara cepat kalian harus memilih dua media tanam. Pertama kalian bisa mengunakan media tanam pot yang kedua kalian bisa tanam cabe dengan media hidroponik. Cara tanam bawang merah sisyem hidroponik Namun alangkah baiknya kalian menanam dengan media pot akan lebih panjang umurnya.

Agar cabe kalian bisa cepat berbuah, pertama campurkan pupuk, semak, dan tanah humus dengan perbandingan 3: 2 : 4 ini sangat penting bagi kalian untuk memilih jenis pupuk berkualitas terbaik. Dan akan lebih baik jika kalian menggunakan pupuk organik sperti pupuk kandang ataupun denga pupuk humus. Selain lebih alami, pupuk ini juga lebih aman untuk lingkungan juga tidak akan mengubah tekstur tanah. Semprotkan sedikit air dengan spray agar tanah lebih lembab. Kemudian masukan tanah kedalam pot dengan dia meter 25 hingga 30 cm. Buatlah lubangan tanah pada setiap tepi pot dan kalian hanya bisa menanam 1 biji cabe saja pada setiap pot. Pindahkan bibit cabe yang sudah mempuyai ketingian 4  hinga 9 cm dari penyemian secara hati hati jangan sampek akarnya rusak. Buatlah lubangan dengan diameter 4 cm dan kedaleman 5 cm pada media tanam, kemudian masukan bibit cabe kemudian tutup lubag tanam fan jangab lupa untuk sedikit memadatkannya agar bibit bisa tegak dengan kokoh.

Merawat Cabe

Langkah akir dalam menan cabe agar biyar cepat berbuah yaitu dengan perawatan yang tepat. Ini sangat penting dan harus kalian ketahui karena hasil panen tergantung dengan peroses perawatan yang di lakukannya. Jika semakin baik dalam perawatannya maka akan semakin baik pula masa panennya.

Menanam dengan melakukan penyiraman secara rutin, agar tanaman cabe kalian bisa cepat berbuah kalian bisa menyiraminya dengan cucian beras pada pagi hari dan dengan air biasa pada waktu sore hari. Kalin bisa menambahkan beberapa nutrisi cabe agar cepat berbuah dan cepat panen. Selain itu kalian juga harus melakukan pemupukan lanjutan, untuk melakukan pemumuka  lanjutan kalian bisa lakukan pada setia 2 minggu sekali. Dengan melakukan pemupukan kalian juga harus menambahkan kadar tanah pada media tanam karena tanah akan selalu terkikis seiring dengan berlakunya penyiraman yang di lakukan. Jagalah keber sihan tanaman cabe kalian agar tidak terserang hama atau peyakit tanaman. Untuk melakukan kebersihan pada tanam cabe terbilang sangat mudah, kalian hanya membuang dahun cabe yang sudah mengering dan membersihkan media tanam dari tumbuhanb liar seprti rumput. Dan memperhatikan cabe kalian, jika tanam cabe terkena virus peyakit atau pun hama maka kalian kalin perlu mngobatinya. Untuk mengobati tanam yang terkena hama maka kalian harus menyemprotnya dengan pestisida secukupnya dan dosinya janga terlalu berlebihan. Lakukan dengan  cara ini hinga panen, jika perawatan yang tepat maka pada masa 1  bulan maka tanaman cabe akan berbuah lebat hinga akan segera memanennya. Untuk cara memanen cabe kalian bisa melakukan dengan memotong batang cabe dengan tangab atau pun dengan gunting. Jangan sampek memanen secara tanam cabe tercabut akan membuat kerusankan tekstur tanaman sehinga tidak bisa di panen lagi.

Sekian dulu ulasan Cara Paling Mudah Menanam Cabe Agar Cepat Berbuah semoga silahkan kalian untuk mengaplikasikan sendiri dirumah semoga dengan artikel yang singkat ini bisa berman faat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Paling Mudah Menanam Cabe Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel