6 langkah Menanam Kacang Panjang Di Pekarangan Rumah

6 Langakah Menanam Kacang Panjang Di Pekarangan  Rumah
Langkah menanam Kacang panjang, pastianya kalian sudah pada tahu bahwa kacang panjang yang biasa di masak tumis, kacang panjang selain di masak tumis bisa di masak kuah santan, kuah asam-asam. Kacang panjang tanaman yang tergolong dalam merupakan tanaman sayuran yang bisa memulihkan kandungan nitrogen yang ada pada tanah. Maka dari itu kebanyakan para petani mengunaka kacang panjang di buat sebgai sela-sela pada tanaman lainya untuk mendapatkan    nitrogen pada tanah.

Pada kesempatan ini saya ingin menulis sebagai mana cara menanam tanaman sayuran kacang panjang dengan lahan di pekarangan rumah. Sebagai mana bahwa tulisan ini bisa sebagai panduan awal kalian bagi pemula dalam masalah pertanian.

Dalam teknik menanam kacang panjang ini terdengar ditelinga sangat sulit, tapi bahwa sebenarnya  menanam kacang panjang tidak sama yang terdengar di telinga, yang pastinya menanam kacang panjang sangat mudah bahkan siapapun bisa melakukannya.

Kacang panjang bisa tumbuh di lahan mana pun walapun iklim apapun. kacang panjang bisa di tanam siapapun dengan mudah, asalkan di tanam secara benar. Tidak usah melakukan dengan baik, asalkan di kerjakan secara benar dari tahap demi tahapnya. Dan kacang panjang bisa ditanam tidak hanya pada waktu ketiga saja tetapi  menanam kacang panjang bisa di tanam pada waktu lainya.

Walaupun kacang panjang bisa di tanam kapanpun, tetapi kacang panjang menyukai dengan udara yang panas. Maka bisa di katakan bahwa kacang panjang bisa tumbuh secara normal jika kacang panjang ditanam dengan suhu 15 _ 25 c dengan kecurahan hujan sekitar 500 _ 1400 mm pertahunnya. Kacang panjang makin suka kalo di tanam dengan lahan yang drainase yang mudah gembur, yang bisa terkena sinar mata hari langsung. Maka tidak usah lagi repot melindungi dari sinar mata hari.

Menanam kacang panjang sperti halnya dengan menanam polawija yang lainya, menanam kacang panjang lebih mudah perawatannya. Kalo anda ingin menanam kacang pajang dengan hasil yang maksimal, bisa anda mengikuti bebrapa langkah berikut ini: 

1. Benih Kacang Panjang

Anda bisa beli benih kacang panjang di toko pertanian atau mebuat benih sendiri dari tanama kacang panjang yang sudah tua. Sebelum kacang panjang di tanam benih yang hasil dari tanam sendiri maka benih harus di jemur dari sinar mata hari dengan secara langsung pastikan benih yang di pilih dari tanam sendiri harus benar - benar kering. Jika biji biji yang dijemur sudah benar- benar kering makan peroses selanjutnya ialah penyemaian.

Di dalam menanam kacang panjang sekiranya menginginkan hasil yang di peroleh akan lebih besar maka pada masa pemilihan benih yang dari hasil beli toko pertanian, maupun benih yang hasil dari pemilihan tanaman sendiri,  harus dengan bentok kacang yang lonjong besar lebih besar dari pada kacang panjang umumnya. Jika biji kacang panjang lebih besar 90% dari pada kacang panjang umumnya maka biji kacang pancang tersebut yang layak di jadikan bibit. 

Nah Demikian Untuk Cara Memilih Benih Kacang Panjang Yang Baik yang akan mendapatkan hasil tanaman kacang yang akan semakin baik.

2. Menglola lahan Tanam

Pada saat ingin menanam kacang panjang yang perlu harus di lakukan ialah menyiapkan lahan tanam tanah, untuk menglola lahan tanam kacang panjang dengan kedaleman +30 cm. Dengan cara tanah di bajang dengan mengunakan alat pertanian sperti talktor atau bisa dengan cara di cangkul. Mari kita simak langkah menglolaan tanah yang akan di buat untuk tanam kacang panjang pada berikut ini : 

Tanah yang sudah di bajak dengan kedaleman sekitar +30 cm. Maka gemburkan tanah dengan air, dan biyarkan tanah yang baru di gemburkan selama 2 hri biyar tanah beristirahat. Kemudian buatlah bedengan dengan ukuran 7x1x20cm, lebar 1cm, tinggi 20 cm. Panjang di sesuikan dengan lahan. 

3. Mulai Menanam
Bisanya para petani Mulai Menanam kacang panjang di lakukan pada akir hujan. Untuk menghindari benih kacang panjang dari curahan hujan yang terlalu banyak karena akan membuat benih menjadi busuk.

Kacang panjang sebenarnya bisa di tanam dengan musim kemarau karena kacang panjang bebas dari iklim. tetapi pada saat menanam kacang panjang di musim kemarau kalian di haruskan melakukan pengairan agar tanah basah, dan tanam bisa menyerap air dan akan tampak segar.

Pada saat kalian ingin melakukan penanaman benih kajang pajang maka yang pertama kalian membuat sebuah lubangan dengan mengunakan sistem tunggal, dengan jarak tanam sekitar 30x50cm. Atau dengan jara selera kalian. Karena kacang panjang sangat mudah tumbuh dengan lahan apa paun. Jika pembuatan lubang sudah siap maka masuka pada setiap lubang 2 biji benih kacang. Jika setiap lubang sudah terisi dengan benih kacang maka tutup setiap lubang dengan tanah secara tipis. Selagi menungu maka harus mempersipkan satu lanjanran pada setiap tepi lubang untuk di buat lanjaran pada setiap kacang. Biasanya benih akan tumbuh sekitar 4/5 hari. Jika ada benih sekiranya tidak tumbuh maka bisa di ganti dengan benih yang lain. 

4. Peroses perawatan

Langkah untuk melakukan perawatan pada tanaman kacang panjang, jika tanaman kacang panjang kalian yang sudah tinggi sekitar 23 cm. Kacang panjang akan mengliliti pada lanjaran, jika kacang panjang kalian sekiranya tidak menjalar kelanjaran malah ketanah maka kalian perlu merambatkannya melanjarannya. Kalian hanya cukup mengikatnya dengan mengunakan tali raffia ikatanya jangan terlalu kencang, biyar tidak menghambat masa pertumbuhannya.

Perludi perhatikan pada berikut ini dalam perawatan kajang panjang untuk hasil yang baik:

Pengairan 

Hal yang sangat penting pada setiap tanaman apapun membutuhkan air, bekitu pula pada tanaman kacang panjang walapun kacang panjang bisa di tanam dengan kondisi iklim sakalipun juga  juga masih meperlukan air agar pada masa pertumbuhannya bisa maksimal. Jika kalian menanam kacang panjang dengan lahan dekat dengan irigasi maka kalian hanya cukup mengenagi hanya tanah lembab saja, kemudian tutup kembali aliran air tersebut. jika kalian menanam dengan lahan yang jahu dari iri gasi maka kalian hanya cukup menyirap pada setiap tanama kacang saja.

Pemupukan 

Langkah pemupukan bisa di lakukan jika tanam kacang panjang sudah mencapai umur sekitar 15/21 hari. pemupukan sebenarnya juga bisa di lakukan pada waktu awal pada penglolaan tanah. kalian sudah bisa memberinya pupuk kandang untuk sebgai dasaran tanaman. Ukuran pupuk pun bisa di takar dengan sekala perhektar 5 ton per hektar.

Jika kalian sudah memberikan pupuk dasar pada tanaman, maka bisa di tambah dengan pupuk buatan. Pupuk yang dari buatan ini bisa mengunaka dengan pupuk TSP, MPK, Urea dengan di campur, pupuk buatan ini juga memiliki ukuran denga dosisi perhektarnya  135kg hetar kalo pupu TSP 50 kg  per hektar. Kalo pupuk MPK 200kg per hektar.

Untuk pemberian pupuk  kompos bisa di lakukan dengan menyebarkan pupuk di sekitaran tanaman maka di timbun dengan tanah. Sekalian dengan menaikan bedengan.

Selain mengunakan pupuk organik dan pupuk buatan, kalian bisa dengan melakukan penyemprotan tanaman dengan pupuk organi cair. Guna nya untuk memperangsang pada pertumbuha  bunga. Dengan kadar dosia yang di perlukan 1: 10 berbanding 1 liter pupuk untuk 10 liter air. Di campur sampek merata kemudian tingal di semprotkan pada tanaman kacang panjang. Menanam kacang panjang memanag sangat mudah tumbuh, tapi masih perlu juga perawatan dan pemupukan biyar hasil baik dan tidak terserang hama.

5. Membartas hama dan peyakit 

Hama membuat tanaman kacang menjadi faktor peyebab produktivitas menjadi berkurang dan tidak oktimal. Peyakit dan hama yang harus di ketahui di antarnya: 

Kepik daun, kutu hitam dan putih, ulat grayak, dan penyakit karat dan bercak daun cerospora ini yang sering terlihat orang-orang pada saat memasak kacang panjang.

Untuk mengatasi masalah hama ini kalian bisa mengunaka organik yaitu dengan mengunaka pestasida hayati. Sudah banyak para petani yang mengatasi peyakit hama sperti di hatas dengan peyemprotan pestisida hayati ini, dan pestasida hayati ini merupakan pestasida alami tanpa adanya bahan kimia, maka aman untuk tanaman.

Perlu di ingat bahwa sanya menagani peyakit dan hama dengan cara organik ini membutuhkan waktu agak lumayan lama dan harus sabar. 

6. Panen kacang panjang
Kacang panjang siap di panen sekitar 40/50 hari. Kalo kalian sudah melihat bahwa kacang panjang kalian sudah berwarna hijau keputihan maka sudah siap kalian panen. 

Kalian bisa memanen kacang panjang kalian dengan cara di petink dengan pelan pelan jangan sampek membuat bunga menjadi rusak.

Untuk cara memetik panen kacang panjang sudah tergolong sangat mudah, dengan cara mematahkan tangkai kearah yang berlawanan. Atau dengan cara memutar buah tersebut sehinga buah terlepas dari tangkainya.

Kacang panjang yang sudah siap di panen maka bisa di kumpulkan untuk di pasarkan.

 Demikian lah panduan langkah menanam kacang panjang yang baik dengan hasil yang maksimal silakan kalian pratekan Selamat mencoba.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 langkah Menanam Kacang Panjang Di Pekarangan Rumah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel