11 Cara Menanam Melon Dengan Sistem anjir Untuk Pemula

Pastinya kalian sudah tau dengan buah melon, buah dengan daging berair yang memiliki rasa yang sangat manis. Dengan tekstur buahnya yang lembut, hinga bikin lidah menjadimanja pada saat di makan pada siang hari. Han, apakh tanaman melu itu seperti apa, dan bageman cara menanam melo tersebut? Oky pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikal membahas cara menanam melon dengan sistem lanjar (anjir)

Lanjaran ialah bisannya para pembudidaya melon menyembutnya, sebagai alat untuk di buat rambatan tanaman. Karena tanaman melon ini yang bersifat menjalar atau merambat, maka tanaman melon memperlukan anjir. Cara menaman melon sebenarnya ada bannyak caranya tanam melon ada dengan sistem lesehan ada juga dengan cara melon dalam pot.

Tanam melon dengan sitem lanjaran ( anjir ) ini maka ada banyak keunggulannya jika dibanding dengan menanam melon dengan sistem yang lainya. Diantaranya ialah kareena posisi buah melon yang menggantung akan tumbuh secara sempuran dengan membentok bulat dan tidak penceng sebagaiman jika ditanam dengan cara siatem lesehan. Selain itu riseko buah busuk juga semakain kecil, karena buah tidak tersentuh dengan tanah secara langsung.

Berikut Cara Tanam Melon Dengan Sistem Lanjaran

1. Mepersiapkan Lahan Tanam

Untuk mepersiapkan lahan tanam melon ialah untuk membersihkan lahan tanam dari gulma dan rumput liar serta obyek yang sekiranya menghalang cahaya sinar mata hari. Untuk keteria lahan tidaklah terlalu sulit di cari karena bertanam melon sendiri cocok ditanam dengan lahan dataran rendah atau pun dengan dataran tinggi. Yang terpenting ialah unsusr hara serta kandungan PH tanah.

2. Penggempuran lahan dan membuat lubanga pupuk

Tanah yang sudah siap di bersihkan kemudian di gempurkan dengan megunakan cangkul di buat dengan bentok alur untuk di buat bedeng dengan dua alur agar tenga bisa di buat jalan atau untuk pengairan natinya. Dan jika sudah selesai bisa di berikan lubang untuk di berikan pupuk.

Jarak antara bedengan hanyalah sekitar 60 _ 100 cm saja karena tanaman melon akan merabat keatas.  Baca juga cara menanam bawang merah media tanam hidroponik

3. Memberi pupuk dasar.

Pupuk melon itu pada tahapan dasar sebaiknya dari pupuk organik juga dengan pupuk buatan. Untuk pupuk organik yaitu pupuk dari kandang untuk pupuk anorganiknya kalian mengunakan campuran phonska SP - 3P kcl dengan perbandingan 6: 3:1 saja. Atau dengan berbandingan takeran kalian sendiri, tapi inggat jangan terlalu membanyakan pupuk nitrogen agar bisa berbuah.
Pukup dasar ti taburkan pada setiap tempat yang akan di buat bedengan.

4. Pemasangan palstik

Bedengan yang sudah siap maka siap di tutup dengan palstik agar mencegah penguapan yang berlebihan dan mencegah timbulnya rumput liar.

5. Mempersiapkan benih melon

Cari lah benih melon hibrida yang unggul yang di jual ditoko pertanian , kemudian benih melon yang sudah di beli remdan dengan air 1 liter yang dicampur dengan ZPT dan bakterisida fungisida sistemik selama 4 jam di remdam, kemudian benih melon di abil dari rendaman kemudian taroh pasir dalam wadah pot atau pingan lengser, kemudan tanam benih benih belom tersebot di ata wadah yang sudah di beri kan pasir sirami pasir biyar lembab, panyiraman jangan terlalu byak airnya, taruh pada tempat yang gelap dan tutup dengan kain. Pada setiap pagi sore siram pasir biyar lelbab. Jika sudah  saat bibit usia 7 hari sudah terlihat daun tengan maka bibit sudah siap untuk di pindah ketempat lahan tanam.

6. Menanam bibit melon 

Bibit melon yang sudah berusia 7 hari dan sudah keluar daun tengannya maka sudah siap di tanam ketempat bedang yang sudah di siapkannya untuk cara tanam bibit melon sebgai berikut:

Untuk menanam bibit melon membuat lubangan di permukaan palsti dengan jara 40 - 50 cm antara lubanga untuk kocoran NPK 17 _ 17 _ 17 dan insektisida pada pada setiap lubang tanaman untuk siram pada bibit hinga basa sampek ke akarnya.

Menanam bibit melon di lakukan dengan serentak pada pagi hari sekitar 10 jika sudah siang hari hentikan dengan di teruskan pada  jam 3 sore hari.

Tancapkan anjir sesegera mungkin agar tidak sampek merusak akar bibit melon yang baru di tanam.

7. Pemupukan susulan  pada tanaman melon

Memupupuk pada susulan berguna untuk membuat pertumbuhan juga membuat perkembangan tanaman melon. Untuk cara memupuk dengan di lakukan mengocor atau di semprot.

Memupuk cara kocor pada tanaman melon

Interval pada permukan kocor yaitu 6 - 11 hari sekali seumur 1 - 17 hari sesudah tanam NPK grower KNO  merah yarmila  5 2 1 pada tiap 2 gelas minum dicampur pupuk dilarutkan dengan 40 liter air kemudian di kocorkan secara merata umur 18 37 hri sesudah tanam NPK 17 _ 17 _ 17 KNO putih yaramila 5 :2 :1 tiap 3 gelas minum dicampur dengan pupuk lalu dilarutkan dengan air 40 liter umur 38 - 55 hari =NPK 17 _ 17 _ 17 MKP : KCL : kalcium : yaramila 5:2:2:1 pada tiap 3 gelas minum dicampur dengan pupuk dilarutkan dengan 40 liter air hinga dikocok sampek merata

Untuk cara pemupukan semprot pada tanaman melon

Untuk pemupukan dengan cara menyemprot agar memberikan unsur mikro bagi tanaman melalui batan dan daunnya. Yang bibuat ialah pupuk mikro cair seperti primarin - B disemprotkan dengan ukuran dosis yang sesuia dengan kebutuhan pada tanaman.

8. Pengairan pada tanaman melon 

Melon mebutuhkan air untuk menjaga metabolisme. Untuk pengairan pada tanama melon dengan cara memompa air ketengan pedengan, dengan mengunakan pompa akan lebih meudah, membuat tandon nan terpal untuk di buat untuk penyiraman pada setia 4 hari pada musim kemarau untuk pada musim hujan di siram 7 hari sekali. 

9. Menyelksi buah dan mengambil tunas

Peyeleksia  huah biasanya pada setiap satu lanjar akan di biyarkan 1 atau 2 buah saja.  Kalian juga perlu melakukan selekai buah dan perempelan sekaligus. Jika menyisakan 1 buah saja maka peliharalah sulur utama dan sulur lain dipangkas dini. Dan selulur di rambatkan di anjir, tetapi jika mebiyarkan 2 buah maka pelihara 2 sulur melon.

Buah yang di simpan dari ruas yang ke 12 - 13 ( 1,5 metr dari akar ) buah yang di pilih dan akan di simpan harus berbentuk bulat sempurna dan tidak penceng. Pangkas tunas lainya yang sekiranya tidak menjadi buah, ikat pada bagian tangkai buah dengan mengunakan takai buah pada anjir.

10. Penangulangan hama serta penyakit 

Tanam melon untuk  hama dan penyakit sangat beragam baik dari jenis jamur, bakteri maupun serangga. Untuk mengatasi penyakit yang sejenis ini dengab mengunakan pastisida sesuai jenis hama. Untuk mengetahui jenis peyakitnya atau hama yang menyeran maka kalian perlu menganalisa gejala yang muncul.

11. Masa Panen Buah Melon

Buah melon sudah siap di panen pada usia 55  hari setelah tanaman tergantung varietas yang kalian tanam. Untuk bebrapa varietas melon bisa tua dengan secara serentak tanpa harus di kahterl sedangakan yang sebagian yang ber net masih tetap harus di kahterl agar bisa meteng secara serentak.

Ciri ciri melon yang sudah maten yang terutama di lihat dri warna kulitnya dan gagang yang sudah mulai mengering dan baunya juga sudah wangi melon. 

Dari Keuntungan Cara Menanam Melon Dengan Sistem Lanjaran 

Bentuk buah lebih sempuran harga jual akan lebih tinggi dari pada ditanam dengan cara lesehan dan lebih tahan cacar buah juga busuk lahan juga bisa menjadi hemat.

Darai Kelemahan Cara menan Melon dengan lanjaran 

Modala tanam semakin tinggi karena karena harus menyediakan lahan rental terhadap angin yang kencang buah dan buah yang di pelihara hanya 1 -  2 saja karena agar anjir tidak terlalu berat.

Demikian lah lakah Cara Tanam Melon Dengan Anjir yang bisa saya ukrekan di dalam artikel bolg ini semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca semua salam satu hati para petani, yuk kita makmurkan para petani kita. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "11 Cara Menanam Melon Dengan Sistem anjir Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel