Cara Menanam Tomat Biyar Berbuah Lebat

Cara Menanam Tomat Biyar Berbuah Lebat
Tanaman tomat termasuk tanama sayuran yang family.  Bertanam tomat biasanya di tanama dengan lahan yang tinggi, dan di dataran sedang atau dengan lahan yang dataran rendah. toman tergolong tanam yang bermusin yang berumur sekitar 4 bulan. 

Tanaman tomat bisa  tumbuh dengan laha dari mulai di lahan tegal, sawah, pekarangan. Untuk yang berlahan terbatas bisa bertanam tomat dengan sistem tanam dalam pot. Atau dengan sistem hidroponik, bedanya dengan media tanam yang di gunakan.
Untuk tanam tomat dengan sistem tanam dalam pot pupuk yang di gunak ialah kebanyak dengan pupuk kandang yang sudah di campur dengan sekam, dengan di masuka kedalam pot dengan benih tomat ditanam sedangkan dengan sistem tanam hidroponik yang di gunak ialah lebih bayak dengan peran air dengan media nutrisi khusus agar budidaya hidroponik tomat tersebut bisa mendapatkan hasil yang di inggin kan. Untuk kalian sekiranya inggin mencoba dengan media tanam dengan sistem hidroponik bisa kalian coba. 

Cara Menanam Tomat Biayr Berbuah Lebat ialah Sebagai Berikut:

1. Memilih bibit tomat yang baik dan unggul kualitasnya.
2. Mengolah lahan tanah tanam tomat.
3. Menanam bibit tomat.
4. Cara Memberi pupuk yang baik agar tanaman menjadi segar dansehat, terhindar dari serangan penyakit juga bisa mendapatkan produksi yang maksimal.

Cara budidaya tanama tomat 
Secara baik dan benar merupakan faktor kunci dalam keber hasilan untuk mengapai hasil panen yang bayak. 

Mari kita simak ulasan tatacara Tahapan dalam budidaya tanam tomat : 

1. Memilih bibit tomat yang baik dan unggul kualitasnya

Memilih jenis bibit tomat yang akan di tanam hendaknya harus di sesuikan dahulu dengan karakteristik lokasi. Apa bila lahan tanah yang tinggi maka pilihlah varietas yang cocok untuk dataran yang tinggi.

Menanam tomat bisa dari bijinya dan bisa juga bibit. Untuk Cara menanam tomat dari benih biji tomat sebaiknya  memilih benih yang berkualitas Produksi tinggi dan bisa tahan penyakit. Untuk mendapatkan benih tomat kalian bisa beli di toko pertania. Dan untuk bibit tomat kalian bisa beli di tempat penbibitan yang khusus jual pembibitan tomat.

Jika kalian sudah mendapatkan benih yang berkualitas maka benih tomat tersbut rendam dengan wadah baskom 200cc POC GDM selama 2 jam untuk bertujuan agar benih bisa tumbuh secara sempurna jika ada benih yang terapung maka ambil benih tersbut benih yang terapung tidak bisa tumbuh, maka simpan benih yang tenggelam benih tersebut bisa di jadikan bibit. Kemudia semeka benih tersebut di media semai yang telah di siapkan dari campuran tanah, agar pupuk kandang ( perbandingan 4: 3 : 1 ) kemudian siram dengan larutan GDM BLACK BOS. Untuk cara pembuatan lauran GDM BLACK BOS sebayak 1 kg di campur dengan 100 liter air selanjutnya siramkan pada media semai tersebut.

Untuk tujuan menyiram dengan media semai dengan larutan BLACK BOS  untuk mencegah peyakit yang menular tanah fan menambahkan unsuare hara dalam media semai. Sehinga bibit tomat bisa tumbuh secara sempurna dan nutrisi yang tercukupi dan bebas dari serangan penyakit. Proses ini guna untuk mendapatkan hasil bibit tomat yang baik serta sehat.

2. Mengolah lahan tanah tanam tomat

Mengolah tahan karena perlu di lakukan untuk menciptakan kondisi fisik. Kimia dan biologis tanah akan menjadi lebih baik, membunuh gulma, runput liyar, dan akan membunuh tanaman yang tidak di ingginkan, tanah di ratakan agar mudah menanam tomat, mengatur pengairan irigasi dan drainase serta untuk menempatkan sisa-sisa tanaman pada tempat yang sesuai agar proses dekomposisi bisa berjalan secara baik.



Untuk cara pengolahan tanah pada tempat tanam tomat bisa dengan membacak atau dengan mencakul kedalam sebaikany skitar 20 cm agar tektur tanah lebih gembur dan membunuh pathogen pada tanah.

Jika sudah selesai maka bisa di tabur kan pupuk kandang sebayak 1 ton per hektar nya dan bisa di tambahkan dengan pupuk NPK sebayak 100 g/m di bedengan dan apabila tanah terlalu asam ( 4,5 ) tambahkan dolomit atau kapur pertanian. Gunanya pengapuran selain menigkatkan PH tanah serta juga untuk memperbaiki struktur tanah. Dosisnya bisa di sesuaikan  dengan tingkat PH tanah masing masing.

Dengan membuat bebtok bedengan  dengan ketingian sekitar 30 cm, dengan lebar 1 meter dan panjang menggikut lokasi pada tanah, jarak antara bedengan lainnya selebar 30 - 50 cm jika pembuatan bedeng sudah selesai maka langkah selanjutnya menyiram atau mengocor dengan BLACK BOS agar bisa mempercepat komposisi dalam tanah juga untuk mencegah penyakit yang menular. Untuk caranya ialah dengan mencapur GDM BLACK BOS sebanyak 1 kg ke dalam 100 liter air dan semprotkan atau dengan cara menyemprotnya dan kemudian tutup tempat bedengan dengan palstik.



3. Menanam bibit tomat

Jika bibit tomat sudah tumbuh tinggi 10 cm dan sudah berumur 2 minggu maka tomat siap untuk di pindahkan kelahan tanam yang sudah di buat sebelomnya. Jika bibit tomat sudah ditanam maka perlu di kocor dengan POC GDM agar tanaman bisa langsung segar, untuk penanaman pada bibit tomat dengan baiknya di tanam pada sore hari gar bibit tomat tidak layu. Kemudian pasang ajir sedini mungkin dengan jarak  11 - 21 cm datri batang biyar tidak rusak.

4. Cara Memberi pupuk yang baik agar tanaman menjadi segar dansehat, terhindar dari serangan penyakit juga bisa mendapatkan produksi yang maksimal

Untuk perbandingan GDM BLACK BOS dengan pupuk organik cair GDM dapat membudidaya tanaman tomat yang membuat buah menjadi lebat.

Untuk memupuk tanaman tomat gunaka dengan memupuk organik cair GDM setelah tomat berumur 7 hari dari ulangan pada setiap 1 minggu sekali dengan takeran dosi sekitar 500 ml  ( 3 gelas air meniral ) pertengkinya smprotkan pada bagain akarnya pada tanaman. Jika tomat sudah berumur mencapai 30 hari maka aplikasi kan dengan BLACK BOS ketanah sebanyak 4 kg Ha. Untuk caranya larutkan GDM BLACK BOS sebayak 1 kg kedalam 100 liter air masuka kedalam tengki kemudia di seprotkan atau dengan cara di kocor.

Untuk mengunaka pupuk kandang pada setiap 1 bulan sekali maka memerlukan 300 gr per batang atau tambahkan pupuk anorganik dengab kandungan nirtogen dan NPK pada saat tanaman berumur 11 - 23 dan 30 HST pada masa vegatitif dengan dosis 5 gr per tanaman dan pada saat generative berikan pupuk NPK jika sudah berumur 46 HST pada setiap 10 hari sekali dengan takeran dosis 4 gr per setiap tanaman.

Perbandingan  BLACK BOS dengan POC GDM selain menambakan unsur hara makro gan mikro maka yang di butuhkan tanam juga dengan sistem ketahanan pada tanaman dari serangan penyakit, karena hal yang terkandunga dari BLACK BOS dan POC GDM mampu mengedalikan resedu kimia.

Ciri - ciri tomat yang sudah siap di panen  

Tomat yang sudah bisa di panen biasanya berumur sekitar 90 _ 100   HST . dengan ciri - ciri kulit buah tomat berwarna hijau kekuningan pada bagaian daun pun sudah mulai mengering, batang juga melai mengkuning  pada pagi atau sore hari pada saat musim panas. Dengan berpaduan BLACK BOS dan pupuk organik cair spesialis tanaman pangan sayur GDM maka akan membuat tanaman menjadi sehat dan akan mendapatkan hasil panen semakin meningkat.

Artikel terkait Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Semoga dengan artikel ini bisa membatu para petani untuk mencoba membuat budidaya Cara menanam tomat dengan baik dan hasil yang meningkat selamat mencoba dari panduan artikel ini terimakasih semoga bermanfaat untuk semua yang membutuh kannya..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Menanam Tomat Biyar Berbuah Lebat"

  1. Tomat menurut ane memang sayuran yang paling bermanfaat, tpi sayang di daerah ane jarang yang nanam tomat walaupun ada juga cuma jdi tanaman pembatas. Btw artikelnya sangat menarik dan mudah dipahami

    BalasHapus
  2. Aku suka lalap tomat bulat bulat petik langsung kremus manis manis seger gak perlu di jus kelamaan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel