Cara Tanam Timun Agar Hasil Panen Yang Banyak

Cara Tanam Timun Agar Hasil Panen Yang Banyak
Timun adalah tanaman sayuran yang biasanya di buat lalapan makanan nasi goreng, juga mi atau dibuat rojak. Sayuran timun juga sangat baik di konsumsi oleh orang yang mempuyai darah tinggi, timun mempuyai kandungan air yang banyak, dan sayuran timun mempuyai banyak vitamin.

Timun ialah tanaman dengan jenis yang menjalar atau merambat dengan batang yang lembut, oleh karena itu memerlukan satu sokongam untuk sebgai pegangan sebagai rambatan memerlukan suatu anjir. Dari batang timun yang lembut bisa tumbuh mencapai hinga 4 meter panjang. tanaman timun mempuyai akar yang berserabut yang banyak dengan berkembang di sekitarannya. Batang timun berbulu dengan bersegi empat. Daun timun dengan warna hijau kelabu serta berleku. Jika sekiranya anda bermina untuk Tanam timun akan kami papatkan pada artikel ini mari kita ikuti membaca bage mana Cara Tanam Timun Agar Hasil Panen Yang Banyak

Karena Tanam Timun ini bisa di katakan sangat mudah di tanam tetapi untuk menghasil panen dengan hasil yang maksimal harus melalu langkah-langkah berikut ini:

Cara tanam Timun Agar Hasil Panen Yang banyak

1. Persiapkan Lahan Tanam


Langkah pertama yang harus di persiapkan ialah lahan tanam. Lokasi yang baik ialah dengan lahan tanam yang mana sinar mata hari bisa menyinari lahan tanam tersebut.

Lah juga harus di bersihkan dari hama tanaman. Siangi rumput liar dan gulma yang berada di lahan tanam. Untuk menghilangi gulma jangan mengunaka herbisida karena bisa membuat tanah tambah rusak. Tahan harus di olah terlebih dahulu dengan cara di bajak dengan alat pembajak, atau dengan di jangkol.

Jika inggin membuat PH pada tanah menjadi seimbang, makan dengan mengunakan kapur atau kaptan untuk menaikan atau dengan mengunakan sulfur untuk menurunkan PH tanah. PH Tanah yang baik jika untuk di buat menanam timun yaitu cukup 7.

2. Masa Tanam Timun

Pada saat inggin menanam timun yang baik ialah. Timun akan bisa tumbuh secara baik dengan cuaca yang hangat. Maka kami sarnkan kalo ingin menanam timun jangan dengan cuaca yang selalu hujan karena sinar mata hari selalu kurang karena tertutup mendung.

Biasa para Patani dengan mengingat bulan yang baik pada bulan Aper atau mei. Kalo kurang mantap dengan menilai dengan bulan maka sebaiknya di ukur husu pada tanahnya saja. Untuk suhu yang baik untuk menanam timun ialah 18 atau 21 derajat celcius.

3. Memilih Bibit Timun

Saat inggin menanam tanaman apapun di haruskan dengan Pemilihan Bibit, yang termasuk memilih bibit Timun. Memilih bibit timun ada 2 jenis yaitu Bibit Timun sulur, dan Bibit Timun semak. Pilih dengan menyesuaikan lahan tanam anda. Untuk jenis timun semak merupakan variestas yang tidak meperlukan perawatan lebih dan bisa tumbuh secara baik di lahan yang sempit.

Kalo kalian sudah menentukan benih maka langkah selanjutnya ialah denga menyemai benih timun tersebut, untuk melakukan peyemean memakan waktu sekitar 1 minggu sebelom di tanam. Pastikan bibit anda sudah baik. Biyar bisa tumbub dengan sempurna. Anda juga bisa membeli bibit timun di tepat penjual bibit timun. Agar lebih mudah hanya tigal menanamnya di lahan tanam anda.

4. Cara Menanam

Untuk cara menanam timun harus mebuat lubang kecil terlebih dahulu  untuk di buat meletakan bibit timun dengan cara di paju, atau di sekop, dengan jarak lobang sekitar 50 atau 100 cm untuk jenis sulur, dengan 40 / 60 cm untuk jenis semak.

Dengan membuat jarak sedemikian agar timun bisa tumbuh dengan baik hinga tidak berhambat dengan karena tanaman yang tidak dapat ruang dan sulit untuk dapat cahaya sinar matahari. Kalo penanama bibit timun sudah selesai maka tutup lubang yang sudah di beri bibit tersbut dengan tanah secara nipis.

5. Pemupukan

Tanaman timun untuk menghasilkan pane yang baik maka harus pemupukan secara teratur yaitu. Timun yang sudah berumur 2 mingu  masa tanam harus di pupuk  dengan teratur dengan mengunaka pupuk cair untuk di siramkannya ke atas tanah.

Jika tidak ada pupuk cair maka bisa mengunakan pupuk kompos  dengan di campur sama air. Kemudian siramkan pada tanah.

Dengan mengunakan pupuk cair ialah penyerapan pada tanaman sangat mudah. Jangan terlalu banyak meberikan puk karena akan bisa memper labat pembuahaan dan akan tidak bagus nantinya kalo pada masa panennya.

Anda bisa mengunaka pupuk organik karena akan tambah lebih bagus untuk tanaman dan tanah pun tidak mudah rusak.

5. Saat Panen Timun

Langkah demilakang jika anda sudah lakukan maka kini saat anda panen. Timun bisa di panen sekitar 2 bulan atau 3 bulan pada masa tanam.

Pada panen timun, pada saat buah mulai berwarna hijau dengan ukuran panjang buah sekitar 14 atau 20 cm dengan melakukan ini agar timun bisa di simpan pada waktu yang lama akan terlihat segar. Kalo ada buah timun dengan warna yang kekuningan  dengan ukuran nya besar sebaiknya timun tersbut buang janga di makan.

Buah atau sayuran timun sebenyar juga mempuyai banyak manfaat, untuk kesehatan tubuh  ketahui lebih lanjut manfaar timun. Kalian bisa buka pada Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Untuk cara panen ialah dengan cara di petink dan dengan secara perlahan agar tanam tidak rusak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Tanam Timun Agar Hasil Panen Yang Banyak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel